Rabu, 08 Mei 2013

MENUTUP AURAT DAN HUKUMNYA

Aurat 
Adalah bagian tubuh yang harus ditutup dari orang lain yang bukan muhrimnya

Adapun Aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan tangan

Jilbab dalam arti sempit :
Menutupi kepala dengan kain sehingga kain menjulur hingga dada
Jilbab dalam arti luas :
Berpakaian sesuai dengan aturan Islam

Syarat Jilbab : 
  • Menutup aurat (bagi perempuan yang boleh kelihatan kepada umum adalah wajah, dan tangan selebihnya adalah aurat)
  • Pakaian tidak tipis
  • Pakaian tidak ketat
  • Pakaian tidak minim
  • Pakaian tidak transparan
  • Pakaian tidak membentuk badan
Semua syarat jilbab berlaku sekaligus tidak boleh dipisah-pisahkan

Adapun Sumber Hukum Yang Mengharuskan memakai jilbab adalah :

Al-Qur’an surat An – Nur (24): 31
"Dan katakanlah kepada perempuan-perempuan yang beriman, supaya mereka menahan sebagian penglihatan, memelihara kehormatannya dan tiada memperlihatkan perhiasannya (tubuhnya) selain dari yang nyata (mesti terbuka – muka dan tangan). Dan hendaklah mereka sampaikan kudungnya ke leher dan dadanya, dan tiada memperlihatkan perhiasannya (tubuhnya), kecuali kepada suaminya, bapaknya, bapak suaminya, anak-anaknya, anak-anak suaminya, saudara-saudaranya, anak saudara-saudaranya, anak-anak saudara perempuan sesama perempuan, hamba sahaya kepunyaannya, laki-laki yang menjalankan kewajibannya tetapi tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), dan anak-anak yang belum mempunyai pengertian kepada aurat perempuan. Dan janganlah mereka pukulkan kakinya, supaya diketahui orang perhiasannya yang tersembunyi. Dan tobatlah kamu semuanya kepada Alloh, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung

Al ~ Qur’an surat Al – Ahzab (33): 59 
Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istri engkau, anak-anak engkau yang perempuan dan perempuan-perempuan orang-orang yang beriman, supaya mereka menutup tubuhnya dengan baju dalamnya (ketika mereka berjalan ke luar). (Dengan) demikian itu mereka lebih patut dikenal dan (karena itu) mereka tidak diganggu. Dan Alloh itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Al ~ Qur’an surat Ali~Imran (3): 139
Dan janganlah kamu lemah (minder, rendah diri, dll.; peny.) dan janganlah bersedih hati, padahal kamulah orang–orang yang paling tinggi (derajatnya; peny.) jika kamu beriman (menjadi muslim; peny.).

Hadist Shohih Abu Dawud No. 3945; Buku IV; halaman 521 
Dari Khalid bin Duraik, dari Aisyah R. A. Asma’ binti Abu Bakar R. A., pernah berkunjung kepada Rasulullah S. A. W. memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah S. A. W. berpaling dari padanya seraya bersabda: “Wahai Asma’, sesungguhnya wanita apabila telah baligh, tidak benar terlihat dari padanya kecuali ini… dan ini…”. Beliau memberi isyarat kepada wajah dan kedua tangannya.

Wallahu walliyut taufik wal hidayah
Semoga kita tergolong menjadi orang-orang yang memenuhi perintah Allah SWT
Amiin...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar